FESTIVAL KITA TABANAN 2020

Percaya Diri dengan Produk Sendiri


Tau gak sih? peran dalam visual hal pertama yang mempengaruhi ketertarikan konsumen terhadap suatu produk...

coba aja bayangkan, kamu mau jual lulur tapi cuma di kemas dalam botol (jar) , pasti orang bingung ini produk apaan ya, jangankan orang lain, kamu sendiri pasti juga bingung, dan bahkan gak tertarik mungkin....

jangan lupa jumlah Usaha Mikro lebih dari 62 juta unit, nah kamu salah satu di antara mereka,

ayo tingatkan daya saing produkmu percaya diri dengan produkmu sendiri #jangerbagus




Membaca mengenai visual, perlu kita pahami bersama juga… pada dasarnya kita ini merupakan makhluk visual, dan informasi visual jauh lebih melekat daripada jenis lain dari konten.

Dengan konten pemasaran visual adalah cara yang bagus untuk membuat sebuah Brand menjadi terkenal.

Kalau masih belum paham, kita kasi simulasi contoh : ...

Pertama, ada dua orang bersekolah di satu kelas yang sama, katakanlah si A dan D mereka menyukai satu wanita si Z, dari si A adalah pria yang baik - pintar - nilai bagus - cukup tampan, tapi penampilan seperti kutu buku, dibandingkan dengan si D pria yang cukup baik - tidak pintar - cukup tampan tapi penampilan seperti badboy, ya pasti si Z melirik  untuk lebih melihat yang si D, kecuali maU nyari jawaban lihat contekan si A….sederhana gak contohnya 😁😁😁😁

Nah kasarnya seperti itu peran konten visual versi melinial…..

Fakta pun menyebutkan bahwa otak manusia 60 ribu kali lebih cepat dalam memproses tampilan visual. Beberapa orang mengatakan bahwa setiap 300 kata tulisan harus disertai dengan satu gambar.


sumber : https://travel.detik.com/destination/d-2131642/romantis-the-i-love-you-wall-saingan-eiffel-di-prancis
https://travel.detik.com/destination/d-2131642/romantis-the-i-love-you-wall-saingan-eiffel-di-prancis

Jangan lupa jumlah Usaha Mikro lebih dari 62 juta unit tahun 2019, nah apa kamu salah satu di antara mereka?

"ayo tingatkan daya saing produk mu"

"percaya diri dengan produk sendiri"

Dalam hal ini saya sudah merangkum beberapa hal masalah yang sering di hadapi umkm. Namanya juga umkm pasti terbatas antara mendapatkan modal dan bagaimana cara memasarkan. UMKM itu memiliki produk – produk uggulan mereka masing-masing, dan bahkan kadang produk mereka mungkin sebuah inovasi dalam memecahkan permasalahan juga. 


Berbicara tentang masalah mari kita beda sedikit masalah dari UMKM.

  • mulai dari minimnya modal, para pelaku UMKM mungkin saja memiliki banyak ide bisnis untuk mengembangkan usahanya, namun harus terhenti karena tidak adanya modal tambahan. Jika ditelusuri ke belakang banyak pelaku UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan modal tambahan dari lembaga keuangan dikarenakan banyaknya persyaratan yang belum terpenuhi. Itu alas an mereka,
  • kemudian ada izin usaha,pembukuan/pencatatan, dan distribusi,
  • yang paling penting saat mereka memiliki sebuah ide produk, mereka ragu juga apakah produknya bakal terjual, terus apakah produk nya bakal disukai konsumen ?!😕😕😕


Semua ada masalah kalau di cari, tapi kalau menemukan solusinya itu baru GENIUS....


Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat membuat pelaku UMKM harus selalu meng-update pengetahuan ataupun sarana untuk mendukung pemasaran serta penjualan dari produk UMKM. Fakta pun menyebutkan bahwa otak manusia 60 ribu kali lebih cepat dalam memproses tampilan visual. Beberapa orang mengatakan bahwa setiap 300 kata tulisan harus disertai dengan satu gambar.

  • dari telepon yang awalnya bisa mendengar suara, sekarang bahkan bisa melihat langsung wajah kita,
  • pesan singkat yang dulunya berupa surat menyurat sekarang melalui elektonik,
  • gambran virtual sampai lokasi pacar pun dapan di deteksi dengan maps online,
  • yang paling utama interaksi social masyarakat sudah mulai beralih ke social distancing, ya dagang gak mesti punya toko, belanja gak mesti keluar rumah.



BAGAIMANA KALAU SAYA GANTI DENGAN GAMBAR DI BAWAH, LEBIH MENARIK KAN







Nah ini, UMKM diharapkan mampu bersaing , khususnya usaha mikro yang 62 juta unit ini, apakah kalian sudah siap bersaing dengan pasar global. Oleh karena terbatasnya kemampuan sumber daya manusia UMKM dalam melakukan pemasaran bebasis digital diperlukan pihak ke 2 (admin) dalam melakukan penetrasi pasar berbasis konsep PPMDA ( Profile Story, Picture, Media Social, Desain & Advertising).

Data menunjukkan jumlah pengguna internet dan media social: 


Indonesia berapa di  peringkat ke 4 hmmmm, termasuk saya pengguna media sosial aktif, sedikit informasi ABG lebih suka TIK TOK, kaula muda lebih suka INSTAGRAM , dan kaula lanjut FACEBOOK



Konsep PPMDA ( Profile Story, Picture, Media Social, Desain & Advertising).

Memiliki alur kerja seperti ini

Praktis kan… bagi tmn-temen UMKM tidak usah bingung, pendekatan konsep ini dapat kalian gunakan juga…

Karena praktis dan mudah dipahami…………..

Namu bagaimana caranya?

Dimana pelaku UMKM harus mampu memnyiapkan media produk diantaranya:

  1. Profile Story : Sebuah media atau alat yang bermanfaat untuk memberikan informasi atau gambaran secara lengkap mengenail detail perusahaan
  2. Product Knowledge : Konsumen memiliki 4 kategori product knowledge, yaitu product class (kelas produk), product form(bentuk produk), brand (merek), dan model feature (fitur model)
  3. Media online : Media online (disebut juga media digital, media siber (cyber), dan media internet) adalah media baru (new media) setelah media cetak (surat kabar, majalah, dan tabloid) dan media elektronik (radio, televisi dan film). Dalam pengertian media daring secara umumnya yang termasuk media daring antara lain seperti email (termasuk mailing list (milis), situs web, blog, WhatsApp, Line, We Chat, Facebook, Twitter, Path, Google Plus, dan Instagram, serta media sosial atau jejaring sosial (social networking).
  4. DESAIN AND ADVERTISING : Tujuan utama dari desain grafis adalah mengolah dan menyampaikan informasi secara menarik sehingga bisa mudah dipahami oleh pengguna/pemirsanya

PEMAHAMANNYA SEDERHANA KAN,

Terus bagaimana caranya, saya kan gaptek, saya kan gak paham computer,

Konsep yang saya berikan dapat di bantu oleh TIM JANGER BAGUS (0812-3803-2050)

KARENA SAYA PAHAM BANYAK SEKALI USAHA DARI TEMAN-TEMAN MIKRO INGIN MEMILIKI DAYA SAING SEPERTI PRODUK TEMAN-TEMAN USAHA MENENGAH DAN BESAR

"SEMOGA  KONSEP INI DAPAT MEMBANTU, KARENA INOVASI TIDAK SELALU BERUPA TEKNOLOGI, PENDEKATAN KREATIFITAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH YANG ADA JUGA PERLU"

DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI TENTUNYA



Beberapa Sample Desain dari TIM Janger Bagus: 


Desain by : @jangerbagus



desain by : @jangerbagus



Desain Brosur nformasi penjul lele by : @jangerbagus 



Beberapa desain untuk stiker label pada produk MAHAYU

@Jangerbagus


Harga jasa Janger Bagus: hmmmm relatif sih mau tau BISA DM di : 

Instagram : @jangerbagus 

Whatsapp : arkana (0812-3803-2050)



MAU tau kisah sukses inpiratif dari Usaha Kecil dan Menengah

yuk kunjungi channel youtube kami @inspirasiwirausahanusantara


mau tau keseruan Janger Bagus dama photography .. nanti kita akan posting hasil jepretan dari @gde.arkana




Komentar

Postingan Populer